Mahasiswa UMBY jadi Technopreneur memanfaatkan Web
Mahasiswa UMBY jadi Technopreneur memanfaatkan Web - Mahasiswa sebagai agent of change, tidak hanya dituntut untuk menggali ilmu pengetahuan, tetapi juga diharapkan untuk meneruskan persoalan bangsa yang menyongsong persoalan internasioal, menjadi Technopreneur contohnya. Universitas Mercu Buana Yogyakarta melalui mata kuliah Technopreneurship memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membangun pondasi bisnis sejak duduk dibangku kuliah dengan memanfaatkan Website. Saat ini tidak dipungkiri dengan kemajuan teknologi yang pesat, bisnis-bisnis tidak lepas dengan website. Semakin baiknya infrastruktur internet, para technopreneur juga melirik lahan ini secara cepat. Menggunakan web, mahasiswa dapat mempromosikan bisnis mereka, serta berpikir kreatif untuk menjalankan bisnis tersebut.
Ketika membangun sebuah bisnis, salah satu hal yang penting adalah promosi bisnis untuk menunjang strategi pemasaran. Dahulu, pelaku bisnis akan mempromosikan bisnis dan produk mereka secara konvensional, seperti membuat papan billboard, pamflet, beriklan di event-event atau memuat iklan di televisi. Namun, konvensional marketing dinilai kurang efektif di era digitalisasi seperti saat ini, target konsumen cenderung lebih sedikit dan kurangnya interaksi konsumen karena media promosi yang kurang fleksibel, serta biaya pemasaran yang cukup mahal.
Dengan penggunaan Internet yang semakin meningkat,
sosial media dan website kini tidak hanya digunakan sebagai alat berkomunikasi
saja, namun juga kegiatan yang bersifat bisnis. Selain itu, kemudahan yang di
dapat dengan menggunakan internet mendorong perubahan pola belanja masyarakat.
Masyarakat mengubah haluan menjadi belanja via online melalui berbagai platform
sosial media dan E-commerce. Pemasaran melalui media digital memiliki kelebihan
jika dibandingkan dengan pemasaran melalui media konvensional. Jangkauan
konsumen yang lebih luas, interaksi dengan konsumen yang lebih fleksibel,
konsumen juga dapat memberikan feedbacknya selama menjadi customer, serta biaya
pemasaran yang lebih murah.
Biasanya, sebagian besar konsumen akan mencari
informasi terlebih dahulu tentang produk yang mereka inginkan atau sebelum
memutuskan melakukan pembelian secara online. Hal ini semakin sering mereka
lakukan sebelum mengambil keputusan untuk melakukan pembelian yang lebih
cerdas. Peran Website dalam bisnis adalah memberikan konsumen gagasan yang
jelas tentang bisnis Anda, serta memberikan Anda kredibilitas, menumbuhkan
Branding dan Public Relations terhadap bisnis Anda dan menumbuhkan rasa percaya
dari pelanggan.
Website juga dapat dikustomisasi sesuai dengan produk
dan jasa yang ditawarkan, penggunaan website juga dinilai membuat bisnis Anda
terkesan lebih professional. Website dapat diisi dengan katalog produk, menginformasikan
penawaran kepada pelanggan, dan dapat dikunjungi kapanpun oleh pelanggan. Agar dapat
memaksimalkan promosi bisnis, Anda dapat memanfaatkan beberapa situs Website
gratis berikut :
2. WordPress (www.wordpress.com)
3. Joomla (Joomla.org)
4. PrestaShop (Prestashop.com)
5. MagentoCommerce (MagentoCommerce.com).
Selain itu, ada beberapa platform Website berbayar
yang memiliki beberapa keunggulan seperti dukungan teknis dari platform pembuat
websitenya, ketika terjadi kendala seperti kerusakan atau error sehingga
website tidak dapat diakses, Anda dapat mengirimkan komplain pada pembuat
website. Kelengkapan fitur website, pada website hosting berbayar, pengguna akan diberi fasilitas yang membuat
kinerja web bisnis menjadi lebih mudah, dan kemanan data pengguna dengan
jaminan yang lebih besar.
Komentar
Posting Komentar